******

3 Langkah tepat supaya istiqomah dalam berhijrah


Berhijrah kejalan yang lurus dan memperbaiki diri berharap ridho dari Illahi adalah hal yang tentu disukai Allah SWT. Meninggalkan semua kegelapan-kegelapan dimasa lalu, masa kelam, masa-masa kita berbuat dosa sesuka hati, dan menjadi orang yang lebih taqwa kepada Allah SWT.

Untuk itu dengan kita memperbaiki diri dan memperbanyak amal sholeh serta berhijrah ke jalan-Nya yang lurus, semoga Allah SWT memberikan ridho-Nya dan senantiasa memberi hidayah-Nya kepada kita semua. Amiin.

Namun tahukah Sobat, bahwa berhijrah itu sangat mudah. Lalu apanya yang sulit?

Yang sulitnya yaitu bagaimana supaya kita tetap istiqomah dalam berhijrah. Ya istiqomah yaitu mengukuhkan hati supaya tetap dalam pendiriannya. Maka dari itu sangat penting bagi kita agar hati kita tetap istiqomah dalam berhijrah.

Istiqomah sangat sulit untuk ditetapkan dalam hati. Terkadang kita suka berkata dalam hati kita tidak akan melakukan maksiat, tetapi terkadang juga kita terjerumus lagi dalam kemaksiatan. Inilah yang disebut tidak istiqomah.

Lalu bagaimana Langkah tepat supaya istiqomah dalam berhijrah?

Nah pada kesempatan ini Moeslim News akan memberikan sedikit ilmu yang didapat dan semoga bermanfaat yaitu 3 Langkah tepat supaya istiqomah dalam berhijrah. Berikut langkah-langkahnya.

1. Niatkan dalam hati kita hijrah karena Allah SWT


Sebelum berhijrah niatkanlah dalam hati bahwa kita berhijrah kejalan yang baik karena Allah SWT. Janganlah semata-mata kita hijrah karena orang lain, dan ingin dipandang serta dipuji-puji.

Hati-hati ini adalah ria. Pahala-pahala yang terkumpul dalam berhijrah akan sia-sia dan dihilangkan oleh Allah SWT. Sehingga tidak ternilai apa-apa dimata Allah SWT.

Untuk itu teguhkan dalam hati bahwa kita benar-benar hijrah karena Allah SWT dan bukan karena ingin ria dan dipuji.

2. Pilihlah lingkungan yang baik


Perhatikanlah lingkungan pergaulan kita, karena lingkungan dimana kita bergaul sangat berpengaruh terhadap diri kita.

Pilihlah lingkungan baik, karena lingkungan pergaulan baik akan membuat kita menjadi baik pula. Sebaliknya, jika lingkungan kita buruk maka kita akan terbawa buruk pula.

Sehingga lingkungan juga menjadi salah satu faktor penting supaya kita tetap istiqomah dalam berhijrah. Pilihlah teman yang dapat membawa kita berbuat baik bersamanya, mencari amal sholeh, dan juga yang sering mengingatkan kita supaya tidak berbuat maksiat.

Atau juga Sobat bisa mendekati orang-orang sholeh seperti guru ngaji, ustad, kiyai, ataupun menurut Sobat imannya lebih baik dari kita. Karena dengan mendekati orang-orang Sholeh kita akan diberi syafa'at oleh Allah SWT. Sehingga kita akan tetap istiqqomah kejalan-Nya yang lurus.

3. Ikutilah kajian-kajian para Ustadz


Selanjutnya Ikutilah kajian-kajian para Ustadz, setidaknya satu minggu sekali, dua kali, atau sesering mungkin. Karena diri kita itu butuh diisi konsumsi rohani dengan kajian dari para ustadz dan orang-orang sholeh lainnya.

Kajian-kajian ustadz itulah yang akan membawa dan mengingatkan kita supaya kita tetap istiqomah dijalan-Nya yang lurus.

Serta akan menambah pengetahuan kita tentang adab-adab Islam. Tentunya ini akan memunculkan didalam benak kita untuk melakukan adab tersebut dan mendapatkan pahala dan amal baik bagi kita.

Serta niatkan dalam hati juga bahwa kita mengikuti kajian untuk menuntut ilmu, karena ilmu harus dicari walaupun ke negeri Cina.

Sehingga kajian tersebut bisa kita gunakan untuk sarana menuntut ilmu kepada orang-orang Sholeh.

Nah itulah 3 langkah tepat supaya Istiqomah dalam berhijrah.

Insya Allah, jika Sobat menerapkan point-point diatas kita akan tetap istiqomah dijalan-Nya yang lurus dan diridhoi-Nya.

Semoga dengan berhijrah, Allah SWT senantiasa membimbing kita Surga-Nya. Amiin.

Mungkin cukup sekian artikel 3 Langkah tepat supaya istiqomah dalam berhijrah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya Sob.

@amathdt on Instagram

13 Responses to "3 Langkah tepat supaya istiqomah dalam berhijrah"

  1. akankah orng yg mau benar2 berhijrah tapi dilingkungan yg ga tepat bsa tercapai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung juga Gan, tp kebanyakan pola kepribadian itu muncul sesuai dengan lingkungan yang mereka tinggali...

      Delete
  2. menurut ane soal lingkungan tergantung iman'a juga gan... kadang ada yang berhijab buat pamer saja, tidak sepenuh'a niat dalam hati... Masya'allah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan tp setidaknya yang berhijab itu sudah melaksanakan tugasnya sebagai muslimah yang menutupi auratnya...
      Thanks kunjungannya

      Delete
  3. Inilab yang sulit.. istiqomah dalam berhijrah.. kalau hijrah doang sih mungkin mudah, yg sulit itu istiqomah setelah berhijrah.. semoga artikel ini bisa menuntun orang2 yg sedang berupaya istiqomah dalam hijrahnya.. amiin

    ReplyDelete
  4. nice gan,
    semoga kita semua dalam perlindungan Allah SWT ., Amin

    ReplyDelete
  5. Semoga kita bisa selalu istiqomah,dan jadi lebih baik lagi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel