******

3 Hal yang dapat membawa penyakit



Assalamualaikum Wr. Wb.

Penyakit dapat timbul dari berbagai faktor. Entah dari tingkah laku kita, kebiasaan kita ataupun bisa jadi dari lahir. Namun kesehatan harus tetap dijaga supaya kita tidak mendapatkan penyakit. Sejatinya dalam tubuh kita dapat timbul dua golongan jenis penyakit seperti penyakit jasmani/tubuh dan psikis kita.

Maka kesehatan sangat penting dalam kehidupan kita untuk mencapai kehidupan yang tenang dan enak.

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia seperti beribadah, bekerja, dan segala aktivitas yang dilakukan manusia sangat mempengaruhi kesehatan manusia selain dari berbagai makanan yang tidak sehat atau sistem imun yang lemah.

Dan ternyata ada beberapa hal yang dapat membawa penyakit pada tubuh sehingga mempengaruhi kesehatan kita juga.

Berikut adalah 3 Hal yang dapat membawa penyakit pada manusia :

1.Terlalu Banyak bicara yang tidak bermanfaay

Ada istilah/ungkapan yang mengatakan bahwa lidah itu lebih tajam daripada pedang. Luka pedang pada tubuh kita yang terlihat sejatinya bisa disembuhkan dengan pengobatan-pengobatan tertentu untuk diobati dari luar.

Sedangkan luka akibat lidah dan salah saat berucap tidak terlihat, tersembunyi didalam hati yang menyimpan luka. Maka dari itu, banyak bicara akan beresiko rentan membuat kesalahan.

Dalam Haditsnya Rasulullah SAW telah bersabda.



Jadi kita hanya diperbolehkan bicara yang baik-baik kepada orang lain. Selagi itu baik dan tidak akan membuat orang lain terluka.

Dan kita tidak diperbolehkan membicarakan hal-hal yang buruk yang dapat membuat orang sakit hati ataupun Gibah. Lebih baik kita diam dan tidak ikut-ikutan orang lain.

Sehingga dipoin pertama ini penyakit yang dimaksud adalah penyakit terlalu banyaknya bicara yang menimbulkan orang lain sakit hati dan terganggu.

2. Banyak tidur dan melupakan ibadah

Salah satu istirahat yang baik adalah tidur. Namun, terlalu banyak tidur juga rentan dengan penyakit. Salah satu dampak negatifnya yaitu mudah depresi dan gangguan kesehatan dalam kepala.

Apalagi jika terlalu banyak tidur sampai-sampai kita melupakan sholat 5 waktu, melupakan segala aktifitas, dan hal lainnya. Ini juga bisa termasuk kedalam bermalas-malasan dan menyia-nyiakan waktu yang ada.

Kita tidak diperkenankan oleh Rasul tidur ketika dipagi hari (Sekitar Jam 7-10) dan disore hari (Sekitar sudah Ashar sampai sebelum Isya).

Sedangkan kita dikenankan untuk tidur sewaktu sebelum sholat Dzuhur (Sekitar Jam 11-12), sesudah Sholat Dzuhur (Sekitar Jam 12 sampai sholat Ashar), dan kita diperkenankan tidur dimalam hari ketika sesudah Isya sampai Shubuh.

Oleh sebab itu, hendaklah atur pola tidur secukupnya sesuai kebutuhan tubuh.

3. Banyak Makan atau berlebihan

Makan memanglah penting bagi asupan energi tubuh kita. Dengan makan tubuh akan berkembang dengan adanya gizi-gizi yang terkandung dalam makanan yang dimakan.

Seharusnya lambung kita dibagi menjadi tiga bagian, 1/3 adalah makanan, 1/3 nya lagi minuman/mineral, dan 1/3 lainnya adalah udara. Sehingga tubuh akan lebih terjaga dari penyakit dan kita bisa dengan bebas melakukan aktifitas sehari-hari.

Dengan terlalu banyak makan akan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah Obesitas. Ini juga adalah penyakit yang sangat menakutkan juga.

Rasulullah pernah bersabda bahwa jika makan kita harus makan sebelum lapar, dan berhenti makan sebelum kenyang. Insya Allah, kita akan terbebas dari penyakit.

Apapun yang berlebihan itu semuanya tidak baik. Bahkan akan menimbulkan penyakit-penyakit. Tetaplah melakukan sesuatu yang sesuai takarannya. Tidak kurang ataupun tidak lebih.

Merasa cukup lebih baik daripada tamak.

Mungkin demikianlah 3 Hal yang dapat membawa penyakit yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya Sob.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

@portalmuslim on instagram

13 Responses to "3 Hal yang dapat membawa penyakit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel