******

Inilah alasan kenapa upload photo bagi wanita adalah dosa jariyah



Assalamualaikum Wr. Wb.

Semakin populernya Sosial Media atau yang sering disebut Sosmed, membuat semua orang tidak ketinggalan menggunakan sosial media untuk berbagai tujuan. Ada yang menggunakan sosial media sebagai lapak usaha, promosi, bersilaturahmi, dan hal lainnya.

Namun terkadang remaja-remaja masa kini terlalu terobsesi akan kepopuleran-kepopuleran di sosial media. Mereka terlalu asik sibuk sendiri hidup didunia maya. Khususnya para perempuan yang semakin kesini semakin banyak melakukan hal-hal yang senonoh.

Mereka kebanyakan mengumbar aurat-aurat mereka tanpa mereka sadari bahwa photo mereka yang mengumbar auratnya akan menjadi dosa jariyah bagi dirinya sendiri. Dan itu akan terus mengalir.

Tetapi bagi kalangan wanita ternyata ini telah menjadi hal yang biasa-biasa saja. Karena mereka menganggap hal ini adalah hal yang kekinian.

Namun ternyata selain karena aurat, ada beberapa hal yang menyebabkan pula mengupload photo menjadi dosa jariyah bagi kalangan wanita. Berikut adalah beberapa alasan photo seorang wanita menjadi dosa jariyah...

1. Allah SWT melarang wanita memperlihatkan kecantikannya kecuali pada suaminya dan mahramnya

Semua wanita muslimah dilarang untuk menampakan kecantikan mereka kepada orang-orang yang bukan mahramnya. Dan ini dikatakan dalam Surat An-Nur ayat 31 di Al-Qur'an berikut ini.



Lalu bagaimana keadaan wanita-wanita muslimah sekarang?

Terkadang ketika kita membuka Facebook, di beranda selalu langsung tersaji photo-photo wanita yang dengan tenang mengupload tentang dirinya, terkadang juga memperlihatkan aurat mereka. Naudzubillah...

2. Allah melarang wanita berhias dan memperlihatkannya kecuali untuk suaminya dan mahramnya

Selain karena aurat mereka, photo yang diupload ke sosial media akan menjadi dosa juga karena perhiasan-perhiasan mereka. Sesungguhnya Allah SWT telah melarang demikian lewat Surat Al-Ahzab ayat 33 berikut ini.



Perhiasan seorang wanita hanya boleh diperlihatkan kepada suaminya atau mahramnya. Tapi kini sudah banyak juga wanita-wanita yang keluar rumah dengan memakai perhiasan-perhiasan yang mencolok dan juga berphoto dan mengunggahnya ke Sosial Media. Dan ini dilarang.

Sehingga dengan perhiasan-perhiasan mereka pula, photo tersebut dapat menimbulkan dosa jariyah.

3. Allah menjadikan kaum wanita sebagai ujian terbesar bagi kaum pria

Memang benar wanita adalah ujian terbesar bagi laki-laki. Sebenarnya laki-laki harus menjaga cara pandangnya, berbicaranya, dan interaksinya kepada wanita yang bukan muhrim.

Lalu apa hubungannya dengan photo wanita yang diupload ke sosial media?

Nah inilah yang menjadi gangguan-gangguan bagi para lelaki. Sekali mereka melihat photo perempuan yang membuka aurat dan menimbulkan Syahwat bagi para lelaki, lelakipun akan mendapatkan dosanya.

Jadi bukan hanya wanita yang mengupload photo mendapatkan dosa, tetapi lelaki yang melihatnya pula akan kecipratan dosanya.

Sesungguhnya Allah SWT sangat memuliakan kaum wanita, sebagaimana Surat Ali-Imran ayat 14 berikut ini.



Lalu apa yang kebanyakan kaum wanita lalukan?

Para wanita berlomba-lomba mengunggah photo terbaiknya. Dengan tambahan filter supaya kelihatan lebih cantik, belum lagi lipstick dan lainnya.

Terkadang sambil memamerkan diri sedang berada di lokasi bagus, atau sedang mengenakan pakaian bagus. Lalu apa yang dicari?

Sementara malaikat akan terus mencatat dosa jariyahnya atas dasar aurat mereka yang mereka tampakan di photo-photo mereka dan dipertontokan oleh banyak pasang mata disosial media. Semakin banyak orang-orang bukan mahramnya melihat photo tersebut, semakin banyak pula dosa yang ia kumpulkan. Naudzubillah...

Semakin banyak pula lelaki bukan mahram yang tertarik dengan photonya, semakin besar pula dosa yang ditumpuknya.

Mereka menyia-nyiakan keindahan yang Allah SWT berikan dengan menyebarluaskan keindahan-keindahan mereka ke sosial media.

Maka jagalah keindahanmu dari pandangan-pandangan para lelaki yang bukan muhrim.

Mari kita ubah kebiasaan kita jika kita sering mengumbar aurat dengan mengupload photo-photo atau video dakwah. Setidaknya itu akan menjadi pahala jariyah kita.

Lebih banyak lagi yang melihat photo/video dakwah tersebut dan mengamalkannya, semakin banyak pula pahala yang kamu dapatkan.

Tidak susah bukan Jika kita gunakan sosial media sebagai ajang sarana dakwah kita? Daripada mengupload photo-photo yang dapat menimbulkan syahwat.

Semoga kamu (wanita muslimah) yang membaca artikel ini adalah wanita muslimah yang menjaga diri dari dosa jariyah ini.

Artikel ini saya buat hanya mengingatkan, semoga yang sering mengumbar aurat di sosmed sekarang-sekarang dikurangi atau berhenti dan menghapus photo-photo tersebut.

Karena sungguh dosa-dosa itu akan terus berlangsung mengalir dosanya jika tidak kamu hapus. Dan akan merugikan kamu sendiri di akherat kelak.

Mungkin cukup sekian Inilah alasan kenapa upload photo bagi wanita adalah dosa jariyah yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan, silahkan disanggah.

…semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare ya Sob supaya lebih banyak lagi yang tersadar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

@akh_walid on Instagram

6 Responses to "Inilah alasan kenapa upload photo bagi wanita adalah dosa jariyah"

  1. Mantap gan sangat membantu dengan adanya artikel ini��

    ReplyDelete
  2. tu kan,,, suka kali upload poto,, generasi tik tok

    ReplyDelete
  3. syukron :)
    http://fauziaherbal.com/

    ReplyDelete
  4. Kunjungi juga sabuloa.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Artikel yg mendidik, bagus sekali kalau banyak yg paham tentang hal ini, izin saya post ulang di website http://d-hapuzakun.com ya? Berhubung kami sedang membuat project jasa hapus akun sosmed utk menjadi solusi bagi para akhwat atau ikhwan yg kesulitan menghapus akun lamanya. Syukron

    ReplyDelete
  6. Tolong kata kata diatas tersebut dikirimkan kenomer wa 085227110495 ini nomer istri saya.terimakasih kerja samanya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel